SEO On Page di google panda

Setelah bergulirnya alogaritma baru google yaitu google panda yang telah berlaku secara global, terjadi perubahan besar dalam optimasi website/blog dalam upaya mempertahankan atau meningkatkan posisi di search engine result page. Hal ini terjadi akibat perubahan besar dari sistem alogaritma google panda dalam hal menentukan posisi SERP berdasarkan kualitas suatu halaman.

Mengapa SEO On Page ?

Seo On Page merupakan hal yang perlu di garis-bawahi untuk mengoptimasi halaman menghadapi google panda. Hal ini tidak terlepas dari tujuan alogaritma baru ini, yang dikeluarkan untuk memerangi halaman web yang penuh dengan content farm, halaman dengan duplicate content, atau halaman dengan optimasi "black hat SEO". Nah, pentingnya Seo On Page di google bukan berarti SEO Off Page tidak perlu dimaksimalkan lagi.



Optimasi SEO On Page di google panda 

Berikut ini merupakan saran dan sugesti yang menjadi penekanan untuk mengoptimasi halaman dengan SEO on Page di google panda.

1. Relevansi keyword dengan title dan isi halaman. Usahakan agar keyword yang ditargetkan mendapat porsi pada title (judul halaman) dan pada tag header H1, H2 atau H3 serta pada paragraph pertama dan terakhir pada konten yang dioptimasi.

2. Buat konten anda unik anda variatif. Maksudnya adalah membuat artikel yang bervasiasi dengan menambahkan gambar dan video yang relevan, jika dimungkinkan. Google Panda menyukai konten variatif yang menekankan pada user experience.

3. Optimasi internal link. Semakin relevan dan semakin banyak artikel yang dihubungkan dengan internal link, maka akan semakin tinggi dan kuat pula kualitas website secara keseluruhan. Sebelum menerbitkan artikel, ingat untuk membuat link ke postingan lama yang berhubungan dengan konten yang sedang dibuat.

4. Perhatikan keyword density dalam halaman. Kepadatan keyword yang baik berkisar antara 2-6%, dan buat penyebarannya merata dan se-alami mungkin. Untuk menghindari keyword spamming, jangan menambahkan tag bold yang terlalu banyak pada kata kunci tertentu.

5. Sebelum menerbitkan konten, perhatikan atribut link yang ada di dalam halaman. Ingat untuk menambahkan rel="nofollow" pada setiap link yang ada di dalam halaman, untuk menghindari halaman di cap melakukan jual-beli link atau link exchange yang belebihan.

6. Jangan sekali-kali menerbitkan konten duplikat. Kalaupun ada duplikat konten yang diterbitkan pada awal ngeblog, segera hapus konten tersebut dari website dan di database google melalui url removal request di webmasters tools. Rendahnya kualitas satu halaman dapat berefek pada keseluruhan halaman di mata search engine google.

7. Tingkatkan page views dan bounce rate website/blog anda. Ini merupakan hal yang masih kontroversi, dimana semakin baik pageviews dan bounce-rate yang ada di data google analitic, maka semakin berkualitas pula halaman di mata search engine.

7 poin diatas menurut saya sudah cukup mewakili optimasi SEO on page di google panda. Bagaimana pendapat anda ? ..Jika ada tambahan, kritik atau saran, silahkan dikomentari !